Shalat Perjalanan Ruhani Menuju Allah

Shalat merupakan perjalanan ruhani menuju Allah Versi Ustadz Abu Sangkan (Trainer shalat khusu') Allah berfirman : Sesungguhnya aku adalah Allah, tidah ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah Shalat untuk mengingat Ku (Thaha, 20:14) Shalat merupakan suatu aktifitas jiwa yang termasuk dalam kajian ilmu transpersonal, karena shalat adalah proses perjalanan spiritual yang penuh makna yang di lakukan seorang manusia untuk menemui Tuhannya. shalat dapat menjernihkan jiwa dan mengangkat mushalli untuk mencapai taraf kesadaran yang lebih tinggi dan pengalaman puncak.
Shalat memiliki kemampuan untuk mengurangi kecemasan bahkan menyembuhkannya karena terdapat lima unsur di dalamnya yaitu:
  1. Meditasi atau Doa yang teratur minimal lima kali sehari
  2. relaksasi melalui gerakan-gerakan shalat
  3. hetero atau auto sugesti dalam bacaan shalat 
  4. group therapy dalam shalat jama'ah atau bahkan shalat sendirian pun minimal ada aku dan Allah
  5. hydro therapy dalam mandi junub atau wudhu' sebelum shalat
shalat adalah salah satu cara ibadah yang yang berkaitan dengan meditasi transendental, yaitu mengarahkan jiwa pada satu objek dalam waktu beberapa saat. ketika shalat ruhani bergerak menuju Zat yang maha mutlak, pikiran kita terlepas dari keadaan riil dan panca indra melepaskan diri dari segala macam keruwetan di sekitarnya.

1 komentar:

  1. Potensi besar shalat akan terjadi apabila kita mampu melaksanakan dg tepat dan benar

    BalasHapus